Jumat, 29 Maret 2013

RPP Sudut


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
                                           Nama Sekolah         : SMP
                                           Mata Pelajaran        : Matematika
                                           Tahun Pelajaran      : 2012/2013
                                           Kelas                       : VII (Tujuh)
                                           Semester                  : 2 (Dua)

Standar Kompetensi                : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
                                                         dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar                    : 5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta  besar dan jenis sudut.
Indikator                                   :  - Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku siku,lancip,tumpul)
Alokasi Waktu                          :  2 jam pelajaran ( 1 pertemuan).
A.  Pendidikan Karakter
Teliti, rasa ingin tahu serta kreatif.
B.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku-siku,lancip,tumpul).
C.  Materi Ajar
Jenis-jenis sudut
D.  Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan pemberian tugas
E.  Langkah-langkah Kegiatan
1.   Pendahuluan ( 10 menit)
a.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.    Mengingatkan kembali kepada peserta didik tentang mengukur dan menggambar besar suatu sudut
c.    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini karena Jenis-jenis sudut(siku-siku,lancip,tumpul) dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai Jenis-jenis sudut (siku siku,lancip,tumpul).
b.    Guru mendemonstrasikan alat peraga untuk menjelaskan mengenai Jenis-jenis sudut (siku-siku,lancip,tumpul)
c.    Peserta didik diberi kesempatan menanyakan materi yang belum jelas.
d.    Peserta didik diberikan soal mengenai Jenis-jenis sudut (siku siku,lancip,tumpul)
e.    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal.
3.    Penutup (10 menit)
a.    Peserta didik dan guru melakukan refleksi(mengulas).
b.    Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
F.   Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
-          Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester  Genap, karangan Dewi Nurharini dan Triwahyuni.
-          Buku referensi lain.
     Alat :
-          Jam Analog
G. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Jenis-jenis sudut (siku-siku,lancip,tumpul).
Tes tertulis

Uraian

1. Tentukan jenis sudut yang terbentuk antara kedua jarum pada waktu -waktu berikut :
  1. Pukul 8.00
  2. Pukul 11.00
  3. Pukul 16.00
  4. Pukul 15.00
  5. Pukul 12.30
  6. Pukul 5.00
  7. Pukul 14.30
  8. Pukul 17.15
  9. Pukul 6.45
  10. Pukul 18.20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar