Jumat, 29 Maret 2013

RPP sifat-sifat sudut


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                           Nama Sekolah         : MTs.
                                           Mata Pelajaran        : Matematika
                                           Tahun Pelajaran      : 2012/2013
                                           Kelas                       : VII (Tujuh)
                                           Semester                  : 2 (Dua)

Standar Kompetensi                : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar                   : 5.2. Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
Indikator                                 :  1. Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar  
                                                         dipotong garis lain.
                                                       2. Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
Alokasi Waktu                         :  2 jam pelajaran ( 1 pertemuan).
A.  Pendidikan Karakter
Teliti, rasa ingin tahu serta kreatif.
B.  Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain.
2. Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal.
C.  Materi Ajar
Hubungan antar sudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.
D.  Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok.
E.  Langkah-langkah Kegiatan
1.   Pendahuluan ( 10 menit)
a.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.    Mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
c.    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai Hubungan antar sudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.
b.   Peserta didik diberikan  kesempatan menanyakan materi yang belum jelas
c.    Guru mengelompokkan peserta didik, diminta kelompok terdiri 4-5 siswa
d.   Secara berkelompok  peserta didik diminta mendiskusikan soal yang berkaitan dengan Hubungan antar sudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain  pada buku paket karangan Dewi Nurharini dan Triwahyuni halaman 224.  Guru memantau jalannya diskusi.
e.    Beberapa peserta didik diminta mempresentasikan  hasil diskusi dan ditanggapi peserta didik yang lain
f.    Guru membimbing untuk menyimpulkan hasil diskusi
3. Penutup (10 menit)
a.    Peserta didik dan guru melakukan refleksi(mengulas).
b.    Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
F.   Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
-          Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester  Genap, karangan Dewi Nurharini dan Triwahyuni.
-          Buku referensi lain.
     Alat :
-          Penggaris
G. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain.

Ø  Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
Tugas kelompok

Uraian

1. Pada gambar di bawah ini, diketahui garis g // k.
          g                        k






 

    4    3                 3    2
   1    2                 4     1
 P                               Q
Tuliskan semua sudut yang
a. sehadap.
b. dalam berseberangan
c. luar berseberangan
d. dalam sepihak
e. luar sepihak
2. Perhatikan gambar dibawah ini jika diketahui   2 =
    Dan 3=, tentukan besar 1.
      A    1    2
            4     3
      B  1   2
         4   3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar