RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .........
Mata
Pelajaran : Matematika
Tahun
Pelajaran : 2012/2013
Kelas : VII (Tujuh)
Semester
: 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
dengan sudut,
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta
besar dan jenis sudut.
Indikator : - Menjelaskan
kedudukan dua garis
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 pertemuan).
A. Pendidikan Karakter
Disiplin, rasa ingin tahu serta kreatif.
B. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat menjelaskan kedudukan dua garis.
C. Materi Ajar
a. Kedudukan dua
garis
b. Garis
Vertikal & Horizontal
c.
Sifat-sifat dua garis sejajar
d. Perbandingan
segmen garis
D. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan pemberian tugas
E. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan ( 10 menit)
a.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Mengingat
kembali tentang pengertian titik.
c.
Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini karena kedudukan dua garis
dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai kedudukan dua garis.
b. Guru mendemonstrasikan alat peraga untuk menjelaskan mengenai kedudukan
dua garis.
c. Peserta didik diberi kesempatan menanyakan materi yang belum jelas.
d. Peserta didik diberikan soal
mengenai kedudukan dua garis.
e. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal.
3. Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik dan guru melakukan refleksi(mengulas).
b.
Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan
materi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai garis vertikal & horizontal, sifat-sifat dua
garis sejajar dan perbandingan segmen garis.
b. Guru mendemonstrasikan alat peraga untuk menjelaskan mengenai garis
vertikal & horizontal, sifat-sifat dua garis sejajar dan perbandingan
segmen garis.
c. Peserta didik diberi kesempatan menanyakan materi yang belum jelas.
d. Peserta didik
diberikan soal mengenai garis
vertikal & horizontal, sifat-sifat dua garis sejajar dan perbandingan
segmen garis
e. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal.
2. Penutup (10 menit)
a.
Peserta didik dan guru melakukan
refleksi(mengulas).
F. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
-
Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester Genap, karangan Dewi Nurharini dan Triwahyuni.
-
Buku
referensi lain.
Alat
:
-
Penggaris
G. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menjelaskan kedudukan dua garis
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Dari balok ABCD.EFGH,
tentukan sepasang dua garis yang saling:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar