RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : XII Program IPA/1
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan konsep matriks dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Menggunakan sifat-sifat dan
operasi matriks untuk menunjukkan bahwa
suatu matriks
persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
Indikator :
Ø Mengenal
arti matriks
Ø Menentukan notasi dan ordo
matriks
Ø Menyebutkan macam-macam matriks
Ø Menunjukan transpose suatu matriks
Ø Mengidentifikasi kesamaan dua matriks
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal mengenai
pengertian matriks.
2. siswa
dapat menentukan notasi dan ordo matriks
3. siswa
dapat menyebutkan macam-macam matriks
4. Siswa
dapat menunujukkan transpose suatu matriks
5. siswa
dapat mengidentifikasi kesamaan dua matriks
B. Materi Ajar
1.
Pengertian, Notasi, dan Ordo
Matriks
2.
Macam – macam Matriks
3.
Transpose suatu matriks
4.
Kesamaan Dua Matriks
C. Metode dan model pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
dan pemberian tugas
D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Pendahuluan (15 menit)
a.
Berdo’a
bersama sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. (nilai yang ditanamkan: Religius).
b.
Mengecek
kehadiran siswa. (nilai yang ditanamkan: Tanggungjawab, Jujur, Disiplin)
c.
Mengingatkan kembali siswa mengenai materi cara menyajikan data dalam bentuk
tabel
d.
Memotivasi peserta didik dengan
memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini karena matriks dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti. (60
menit)
a.
Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai Mengenal arti matriks, menentukan notasi
dan ordo matriks, menyebutkan macam-macam matriks, Menunjukan transpose suatu matriks , mengidentifikasi
kesamaan dua matriks.
b.
Peserta diberi kesempatan menanyakan
materi yang belum jelas
c.
Guru
mengelompokkan peserta didik, diminta kelompok terdiri 4-5 siswa
d.
Secara
berkelompok peserta didik diminta mendiskusikan soal
yang berkaitan dengan matriks pada buku paket hal 48. Guru
memantau jalannya diskusi.
e.
Beberapa peserta didik diminta
mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi peserta didik yang lain
f.
Guru
membimbing untuk menyimpulkan hasil diskusi
3. Penutup (15 menit)
a.
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi(mengulas).
b.
Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
c.
Berdo’a
bersama setelah kegiatan belajar mengajar selesai
E. Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :
-
Buku paket, yaitu Anna yuni astuti.2011. PR matematika Untuk Kelas XII SMA/MA. Jakarta: PT intan Pariwara
Alat :
- laptop
- LCD
F. Penilaian Hasil Belajar .
Teknik :
tugas kelompok.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Diketahui
matriks P
a.
Tentukan
ordo matriks P
b.
Pada
matriks persegi berordo n,hasil penjumlahan semua elemen diagonal utama disebut
trace.tentukan trace matriks P
2.
Diketahui =
Tentukan
nilai a dab b
Mengetahui,
Kepala
SMA/MA …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : XII Program IPS/1
Alokasi Waktu
: 2 x 15 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan konsep matriks dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Menggunakan sifat-sifat dan
operasi matriks untuk menunjukkan bahwa
suatu matriks
persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
Indikator :
Ø Mengenal
arti matriks
Ø Menentukan notasi dan ordo
matriks
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal mengenai
pengertian matriks.
2. siswa
dapat menentukan notasi dan ordo matriks
B. Materi Ajar
-
Pengertian, Notasi, dan Ordo
Matriks
C. Metode dan model pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan pemberian
tugas
E. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Pendahuluan (5 menit)
e.
Berdo’a
bersama sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. (nilai yang ditanamkan: Religius).
f.
Mengecek
kehadiran siswa. (nilai yang ditanamkan: Tanggung jawab, Jujur, Disiplin)
g.
Mengingatkan kembali siswa mengenai materi cara menyajikan data dalam bentuk
tabel
h.
Memotivasi peserta didik dengan
memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini karena matriks dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti. (20 menit)
a.
Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai Mengenal arti matriks, menentukan notasi
dan ordo matriks, menyebutkan macam-macam matriks, Menunjukan transpose suatu matriks , mengidentifikasi
kesamaan dua matriks.
b.
Peserta diberi kesempatan menanyakan
materi yang belum jelas.
c.
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal sebagai tugas individu.
d.
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
e.
Beberapa peserta didik diminta
mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi peserta didik yang lain
3. Penutup (5 menit)
a.
Peserta didik
dan guru melakukan refleksi(mengulas).
b.
Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
c.
Berdo’a
bersama setelah kegiatan belajar mengajar selesai
F. Penilaian Hasil Belajar .
Teknik :
tugas individu.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Diketahui matriks P
a.
Tentukan
ordo matriks P
b. Pada matriks persegi berordo n,hasil penjumlahan semua elemen diagonal
utama disebut trace.tentukan trace matriks P
Mengetahui,
Kepala
SMA/MA …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar