Sabtu, 10 November 2012

alat peraga model kartu PLSV


PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Objek matematika adalah benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indra. karena itu wajar apabila matematika tidak mudah dipahami oleh kebanyakan siswa usia sekolah dasar sampai SMP bahkan untuk sebagian siswa SMA sekalipun. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam mempelajari suatu konsep/prinsip-prinsip matematika diperlukan pengalaman melalui benda-benda nyata(konkret), yaitu media alat peraga yang dapat digunakan sebagai jembatan bagi siswa untuk berfikir abstrak.Pelajaran matematika hingga saat ini masih saja dianggap pelajaran yang sangat sulit dipahami oleh siswa.
Hal ini dikarenakan matematika itu pelajaran yang memiliki objek dasar abstrak sehingga memerlukan pemahaman yang mendalam untuk dapat memahaminya. Biasanya siswa enggan untuk tekun mempelajari matematika . Begitu merasa tidak bisa langsung saja tidak tertarik untuk mempelajarinya Selain dari siswa bisa juga dari guru.
Dalam menyampaikan materi, guru kurang menarik dalam menyampaikannya sehingga siswa bosan untuk mempelajari matematika. Sudah matematika sulit, siswa tidak suka ditambah guru dalam mengajarkan matematika kurang menarik. Akhirnya nilai matematika siswa rendah. Atas dasar itu, penulis mencoba mencari ide supaya matematika itu menjadi pelajaran yang menarik dan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Yaitu dengan membuat alat peraga yang penulis beri nama model kartu persamaan linier satu variabel (PLSV). Sehingga Alat peraga ini cocok untuk membantu siswa SMP dalam mengenali materi PLSV dan melihat secara realnya/kongkritnya.
PEMBAHASAN
A.    Materi
1.      Persamaan Linier dengan Satu Variabel
Persamaan linier adalah kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama dengan dan variabelnya berpangkat satu. Pengganti dari variabel (peubah) sehingga suatu persamaan menjadi kalimat benar disebut akar atau penyelesaian dari persamaan tersebut.
a.    Menyelesaiakan Persamaan dengan Cara Subtitusi
Menyelesaiakan persamaan dengan cara subtitusi artinya menyelesaiakan persamaan dengan cara mengganti variabel dengan bilangan-bilangan yang telah ditentukan, sehingga persamaan tersebut menjadi kalimat benar.
Contoh:
Tentukan penyelesaian dari persamaan  adalah variabel pada bilangan asli?
Jawab:
Untuk, maka  ( merupakan kalimat salah)
Untuk  maka  ( merupakan kalimat salah)
Untuk   maka  (  merupakan kalimat benar)
Untuk maka  ( merupakan kalimat salah)
Jadi penyelesaiannya adalah , sedangkan 1,2,dan 4 bukan penyelesaian dari persamaan .
b.  Menyelesaiakan Persamaan dengan Menambah atau Mengurangi Kedua Ruas  
 Persamaan dengan Bilangan yang Sama
    Setiap persamaan tetap ekuivalen jika kedua ruas persamaan ditambah atau   
 dikurangi dengan bilangan yang sama.




Contoh:
Tentukan Penyelesaian persamaan , jika    variabel pada bilangan   
cacah!
Jawab:
         
                  
Penyelesaiannya adalah
c.  Menyelesaiakan Persamaan dengan Mengalikan atau Membagi Kedua Ruas 
 Persamaan dengan Bilangan yang Sama
Contoh:
3x = 18
                   =
  x = 6
                         



B. Proses Pembuatan
1. Bahan : tripleks(papan), paku, kertas plastic,kain flannel.
2. Alat : Gunting,penggaris,gergaji dan palu.
3. Cara Pembuatan Alat
1.       Potong papan dengan panjang 70 cm dan lebar 40 cm, kemudian papan digabungkan dengan kain flannel. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini :
IMG0802A.jpg
2.       Untuk model kartu dibuat dari kertas plastic kuning dan biru, untuk model kartu (x dan –x)  digunting dengan ukuran lebar 5 cm dan panjang 10 cm dan kemudian model kartu(1 dan -1) digunting dengan  ukuran lebar 5 cm dan panjang 5 cm. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini :
IMG0805A.jpg

3.         Kemudian papan dengan model kartunya yang sudah jadi di gabungkan, dengan cara di tempelkan dengan menggunakan paku, dan setiap kartu diberikan keterangan. sehingga menjadi alat peraga model kartu PLSV. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

IMG0807A.jpg



C. Cara Kerja Alat/ aplikasi 
Bentuk Alat peraga: kertas plastik dengan warna berbeda


Model  1
Model  X                                      Model  -X
                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                Model  -1




 



Model 0



Langkah penggunaannya:
1.      Memperhatikan bentuk soal dan model kartu dengan seksama, kemudian ambil kartu dan dapat dilakukan di atas meja.
2.      kemudian diselesaikan Dengan cara menambahkan kedua ruas dengan kartu yang sama
3.      Mengurangi kedua ruas dengan kartu yang sama
4.      Mengelompokkan kedua ruas menjadi beberapa kelompok yang sama


Contoh :
Penyelesaian    :
Ruas kiri          Ruas kanan
Model kartunya
 

                                               
                               

                                                                                Tambahkan kedua ruas dengan x
 

 


                                                                                                                                         Model 0
                                                                                Kurangi kedua ruas dengan 3
                                                                
 


Kedua ruas dibagi empat                    Kelompokkan kedua ruas menjadi empat bagian yang sama

 


Jadi Hasilnya
 

                                                                                                     X=-2

D. Bahan Dan Rincian Biaya                    
Bahan
Harga
1.      Tripleks (papan)
-           
2.      Paku
Rp.2500
3.      kertas plastic 2 buah
Rp.6000                                          
4.      kain flannel 1,5 m
Rp.10000
Total
Rp 18.500















                     


KESIMPULAN
Alat peraga model kartu ini sangat mudah pembuatannya dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Sehingga Alat peraga ini cocok untuk membantu siswa SMP dalam mengenali materi PLSV dan melihat secara realnya/kongkritnya. Karena sebenarnya tujuan Alat Peraga model kartu ini adalah  untuk membantu mempermudah menyelesaikan persamaan linier satu variabel(peubah).


1 komentar:

  1. ini kok gambarnya nggak kelihatan. boleh minta file yang gambarnya bisa muncul???

    BalasHapus