PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Objek matematika adalah benda pikiran yang
sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indra. karena itu wajar
apabila matematika tidak mudah dipahami oleh kebanyakan siswa usia sekolah dasar
sampai SMP bahkan untuk sebagian siswa SMA sekalipun. Untuk mengatasi hal tersebut,
maka dalam mempelajari suatu konsep/prinsip-prinsip matematika diperlukan
pengalaman melalui benda-benda nyata(konkret), yaitu media alat peraga yang
dapat digunakan sebagai jembatan bagi siswa untuk berfikir abstrak.Pelajaran
matematika hingga saat ini masih saja dianggap pelajaran yang sangat sulit
dipahami oleh siswa.
Hal ini dikarenakan matematika itu pelajaran yang memiliki objek
dasar abstrak sehingga memerlukan pemahaman yang mendalam untuk dapat
memahaminya. Biasanya siswa enggan untuk tekun mempelajari matematika . Begitu
merasa tidak bisa langsung saja tidak tertarik untuk mempelajarinya Selain dari
siswa bisa juga dari guru.
Dalam
menyampaikan materi, guru kurang menarik dalam menyampaikannya sehingga siswa
bosan untuk mempelajari matematika. Sudah matematika sulit, siswa tidak suka
ditambah guru dalam mengajarkan matematika kurang menarik. Akhirnya nilai
matematika siswa rendah. Atas dasar itu, penulis mencoba mencari ide supaya
matematika itu menjadi pelajaran yang menarik dan untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Yaitu dengan membuat alat peraga yang penulis beri nama model kartu persamaan
linier satu variabel (PLSV). Sehingga Alat peraga ini cocok untuk membantu
siswa SMP dalam mengenali materi PLSV dan melihat secara realnya/kongkritnya.
PEMBAHASAN
A.
Materi
1. Persamaan Linier dengan Satu Variabel
Persamaan linier adalah kalimat terbuka yang
memiliki hubungan sama dengan dan variabelnya berpangkat satu. Pengganti dari variabel (peubah) sehingga suatu persamaan
menjadi kalimat benar disebut akar atau penyelesaian dari persamaan tersebut.
a. Menyelesaiakan Persamaan dengan Cara Subtitusi
Menyelesaiakan persamaan dengan cara subtitusi
artinya menyelesaiakan persamaan dengan cara mengganti variabel dengan
bilangan-bilangan yang telah ditentukan, sehingga persamaan tersebut menjadi
kalimat benar.
Contoh:
Tentukan penyelesaian dari persamaan adalah
variabel pada bilangan asli?
Jawab:
Untuk, maka (
merupakan kalimat salah)
Untuk maka (
merupakan kalimat salah)
Untuk maka ( merupakan kalimat benar)
Untuk maka (
merupakan kalimat salah)
Jadi penyelesaiannya adalah , sedangkan 1,2,dan 4 bukan penyelesaian dari
persamaan .
b. Menyelesaiakan
Persamaan dengan Menambah atau Mengurangi Kedua Ruas
Persamaan dengan Bilangan yang Sama
Setiap persamaan tetap ekuivalen jika kedua ruas
persamaan ditambah atau
dikurangi dengan
bilangan yang sama.
Contoh:
Tentukan Penyelesaian persamaan , jika variabel
pada bilangan
cacah!
Jawab:
Penyelesaiannya adalah
c.
Menyelesaiakan Persamaan dengan Mengalikan
atau Membagi Kedua Ruas
Persamaan
dengan Bilangan yang Sama
Contoh:
3x = 18
=
x = 6
B.
Proses Pembuatan
1.
Bahan : tripleks(papan), paku, kertas plastic,kain flannel.
2.
Alat : Gunting,penggaris,gergaji dan palu.
3.
Cara Pembuatan Alat
1.
Potong papan dengan panjang 70 cm dan
lebar 40 cm, kemudian papan digabungkan dengan kain flannel. Untuk lebih jelas
lihat gambar dibawah ini :
2.
Untuk model kartu dibuat dari kertas
plastic kuning dan biru, untuk model kartu (x dan –x) digunting dengan ukuran lebar 5 cm dan
panjang 10 cm dan kemudian model kartu(1 dan -1) digunting dengan ukuran lebar 5 cm dan panjang 5 cm. Untuk
lebih jelas lihat gambar dibawah ini :
3.
Kemudian papan dengan model kartunya yang
sudah jadi di gabungkan, dengan cara di tempelkan dengan menggunakan paku, dan
setiap kartu diberikan keterangan. sehingga menjadi alat peraga model kartu
PLSV. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
C.
Cara Kerja Alat/ aplikasi
Bentuk Alat
peraga: kertas plastik dengan warna berbeda
Model
1
Model X Model -X
Model -1
Model 0
Langkah
penggunaannya:
1.
Memperhatikan bentuk soal dan model
kartu dengan seksama, kemudian ambil kartu dan dapat dilakukan di atas meja.
2.
kemudian diselesaikan Dengan cara menambahkan
kedua ruas dengan kartu yang sama
3.
Mengurangi kedua ruas dengan kartu
yang sama
4.
Mengelompokkan kedua ruas menjadi
beberapa kelompok yang sama
Contoh :
Penyelesaian :
Ruas kiri Ruas kanan
Model
kartunya
Tambahkan kedua ruas dengan x
Model 0
Kurangi kedua ruas dengan 3
Kedua ruas
dibagi empat Kelompokkan
kedua ruas menjadi empat bagian yang sama
Jadi Hasilnya
X=-2
D. Bahan
Dan Rincian Biaya
Bahan
|
Harga
|
1.
Tripleks
(papan)
|
-
|
2.
Paku
|
Rp.2500
|
3.
kertas
plastic 2 buah
|
Rp.6000
|
4.
kain flannel
1,5 m
|
Rp.10000
|
Total
|
Rp
18.500
|
KESIMPULAN
Alat peraga model kartu ini sangat mudah
pembuatannya dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi Persamaan
Linear Satu Variabel. Sehingga Alat peraga ini cocok untuk membantu siswa SMP
dalam mengenali materi PLSV dan melihat secara realnya/kongkritnya. Karena
sebenarnya tujuan Alat Peraga model
kartu ini adalah untuk membantu
mempermudah menyelesaikan persamaan linier satu variabel(peubah).
ini kok gambarnya nggak kelihatan. boleh minta file yang gambarnya bisa muncul???
BalasHapus